Keberadaan Buaya Muara (Crocodylus porosus) di Aliran Tukad Rangda di kawasan Tahura Ngurah Rai Bali, sbb :
1. Tukad (sungai) Rangda merupakan sungai yang menjadi akses para nelayan yang akan melakukan aktivitas menju laut, setiap hari cukup ramai lalu lintas nelayan melintasi sungai ini.
2. Keberadaan Buaya muara di Tukad Rangda terpantau sejak beberapa bulan yg lalu, hal ini diketahui / dilihat oleh nelayan yang ada disekitar sungai tersebut , dan berdasarkan penelusuran data, satwa Buaya bukanlah satwa endemik di kawasan ini.
3.Petugas Polhut Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Bali telah beberapa kali mencoba untuk melakukan penangkapan, namun belum berhasil.
4. Pemantauan di lokasi tersebut terus dilakukan setiap hari oleh Polhut secara bergiliran.
5. Awal bulan Januari 2018 kasi wil 1 berkoordinasi dgn Bali Reptile Rescue (BRR) utk membantu penangkapan buaya tersebut .
6. Sejak 17 Januari 2018, tim dari BRR intens melakukan pemantauan siang dan malam disekitar lokasi tsb.
7. Sabtu 20 Januari 2018 sekitar pkl 18.30 tim dari BRR dan BKSDA Bali, melakukan pemantauan di sungai tersebut dengan menggunakan perahu yg disewa dari nelayan setempat.
8. Sekitar pukul 20.15, tim berhasil menangkap 1 ekor buaya, dgn panjang skr 150 cm, saat ini biaya tersebut dievakuasi di kantor Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Bali, Jl. Pemelisan No. 2 Denpasar.
9. Selanjutnya tim akan turun lagi ke lokasi tersebut , mengingat berdasarkan info masyarakat yg melihat, jumlah buaya yang terpantau di sekitar kawasan ini antara 3 – 4 ekor.