BERITA KELAHIRAN GAJAH DI PT. KASIANAN (BALI ELEPHANT CAMP)

PT. KASIANAN (Bali Elephant Camp) merupakan salah satu lembaga konservasi berupa taman satwa yang berlokasi di Desa Carangsari, Kec. Petang, Kab. Badung, Provinsi Bali. Lembaga Konservasi mempunyai fungsi utama pengembangbiakan terkontrol dan/atau penyelamatan tumbuhan dan satwa dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya. Bali Elephant Camp bersama Balai KSDA Bali bekerjasama mendukung upaya konservasi terhadap tumbuhan dan satwa liar.

Diantara beberapa satwa yang ada di Bali Elephant Camp terdapat juga puluhan Gajah Sumatera  (Elephas maximus sumatranus). Bali Elephant Camp beberapa waktu lalu berhasil melakukan pengembangbiakan Gajah Sumatera. Sebanyak 3 (tiga) ekor Gajah Sumatera lahir di lembaga konservasi binaan Balai KSDA Bali ini.

Pada hari Rabu, 22 Juni 2016 pukul 03.33 WITA telah lahir seekor bayi gajah dengan jenis kelamin betina, memiliki berat 85 kg dan tinggi 80 cm dari indukan Agnes dan Edo. Bayi gajah yang lahir pertama ini bertepatan dengan suasana hari suci Saraswati, oleh karena itu diberi nama Saraswati.

Kelahiran kedua pada hari Rabu, 23 November 2016 pukul 2.52 WITA dengan jenis kelamin jantan. Bayi gajah ini memiliki berat 85 kg, panjang 90 cm, dan tinggi 81 cm dari indukan Della dan Ajay.

Kelahiran ketiga pada hari Minggu, 22 Januari 2017 pukul 23.30 WITA dengan jenis kelamin betina. Bayi gajah memiliki berat 96 kg dan panjang 89 cm dari indukan Helen dan Ajay. Ketiga bayi gajah tersebut terlahir dalam kondisi normal dan sehat.

Share to