LAUNCHING “GLOBAL CAMPAIGN OF CLEAN SEAS CHAMPION”

Kamis, 07.30 WITA. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya bersama perwakilan dari UNEP (United Nations Environment Programme) dan Menko Maritim melakukan Launching “Global Campaign of Clean Seas Champion” atau Kampanye Global Pembersihan Laut di kawasan Pantai Samuh, Nusa Dua. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tanggal 21 Pebruari 2017.

Mengawali kegiatan tersebut, nampak beberapa perwakilan siswa-siswi dari Green School Bali menampilkan tarian khas dari Pulau Dewata. Selain masyarakat sekitar dan beberapa perwakilan dari lembaga pemerintahan, terlihat pula salah satu artis yang dikenal sangat peduli dengan lingkungan yaitu Nadya Hutagalung dan Hamish Daud.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam kesempatan kali ini menyatakan bahwa kegiatan tersebut sekaligus merupakan pernyataan komitmen Indonesia dalam upaya membersihkan dari berbagai jenis sampah. Beliau juga menjelaskan Kementerian LHK akan mengundang bupati dan wali kota yang kota-kotanya adalah kota pantai, atau kota muara pantai untuk bergabung menyelamatkan laut dari sampah. Karena pada 28 Februari 2017, rencananya juga akan dilanjutkan dengan pembersihan laut dan pantai serentak.

Dalam upaya mengatasi limbah ataupun sampah pada kesempatan yang sama, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjelaskan tentang sirkular ekonomi di mana Indonesia sudah memiliki pionir di bidang ini, yaitu korporasi-korporasi yang sadar akan pentingnya pengelolaan limbah mereka. Korporasi-korporasi ini tergabung dalam sebuah aliansi yang bernama Aliansi untuk Kemasan dan Daur Ulang bagi Lingkungan Indonesia yang Berkelanjutan (Packaging and Recycle Alliance for Sustainable Environment/PRAISE).

Editor : Sisca Widiya

COPYRIGHT © BKSDA Bali 2017

Share to