PEMBENTUKAN MASYARAKAT MITRA POLHUT (MMP) TAHUN 2016

 

Pada tanggal 30 Agustus s/d 1 September 2016 bertempat di Hotel Segara Kintamani telah dilakukan kegiatan Pembentukan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) yang diikuti oleh 30 orang masyarakat yang berasal dari sekitar kawasan TWA Penelokan dan TWA Gunung Batur Bukit Payang yakni dari Desa Batur Selatan, Batur Tengah, Kedisan, Buahan, Trunyan, Abang Songan, Abang Batudinding, Suter dan Songan. Pada kesempatan ini peserta Pembentukan MMP sepakat memberi nama kelompok MMP mereka dengan sebutan MMP Kaldera Batur.

Pembentukan MMP ini dibuka langsung oleh Kepala BKSDA Bali (Suharyono, SH, M.Si, M.Hum) dan pemberian materi dari Kapolsek Kintamani (Kompol. Drs. I Km. Tresna Ambara Manik,SH) , Kepala SKW II (Sulistyo Widodo, S.Hut, M.Sc) serta praktek lapangan oleh para instruktur (Kepolisian dan Polhut).

Adapun tujuan Pembentukan MMP Tahun 2016 ini yakni untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam upaya perlindungan dan pengamanan hutan khususnya di kawasan konservasi. Masyarakat yang berada di sekitar kawasan konservasi diharapkan dapat membantu petugas Polhut yang ada di lapangan dalam mengurangi gangguan dan kerusakan hutan dan deteksi dini bila ada gangguan kawasan hutan seperti kebakaran, pencurian kayu, perburuan satwa dll.

Dengan dibentukanya MMP di sekitar kawasan TWA Penelokan dan TWA Gunung Batur Bukit Payang  maka saat ini pada BKSDA Bali telah ada anggota MMP sebanyak 60 orang, dimana 30 orang berada di sekitar kawasan TWA Danau Buyan Danau Tamblingan dan CA Batukahu.

Share to